Cara Membuat Artikel Yang Baik Dan Benar

Menulis artikel bukan hanya pekerjaan seorang wartawan ataupun copy writer saja. Namun, terkadang siswa ataupun mahasiswa sekalipun bisa mendapat tugas untuk menulis sebuah artikel. Artikel yang baik adalah artikel yang berbobot. Dalam artian, artikel yang memiliki isi yang bermutu, informatif serta mudah dicerna oleh para pembacanya. Walaupun terlihat sangat simple dan mudah, tidak sedikit dari kita yang menemui kesulitan saat akan menulis artikel. Dengan berbagai alasan, mulai dari tidak ada ide, tidak memahami pokok pikiran dari hal yang akan ditulis, dan alasan - alasan yang lain hingga mengakibatkan sebuah artikel menjadi tidak berbobot, Pada postingan kali ini saya akan mengulas Cara Membuat Artikel Yang Baik Dan Benar

1. Judul. 

Buat Judul artikel yang kreatif dan menarik. Judul artikel yang menarik akan memungkinkan pembacanya merasa penasaran dengan keseluruhan isi dari artikel tersebut.  

2. Paragraf pertama/pembuka.
Dalam cara membuat artikel yang baik anda harus memperhatikan paragraf pertama terlebih dahulu karena sebelum isi pasti para pembaca akan melihat paragraf pertama terlebih dahulu, jadi anda harus membuat paragraf pertama itu semenarik mungkin agar pembaca tidak bosan tapi malah penasaran.
 

3. Isi artikel.
Dalam cara membuat artikel yang baik anda harus memperhatikan isi artikel yang ingin anda buat, karena isi artikel sangat berpengaruh akan kualitas sebuah artikel, jadi anda harus membuat isi artikel yang menarik dan jangan sampai keluar dari judul, Kata-kata anda juga dalam isi artikel harus mudah dimengerti dan dipahami oleh para pembaca.
 

4. Paragraf terakhir/penutup.
Dalam cara membuat artikel yang baik anda juga harus memperhatikan paragraf terakhir, di dalam paragraf terakhir ini juga anda harus membuat kesimpulan atau garis besar/inti artikel yang anda buat karena tidak jarang ada pembaca yang tidak menyimak isi namun langsung ke paragraf terakhir dengan berharap ada kesimpulan atau inti dari artikel tersebut.
 

5. Belajar terus.
Dalam cara membuat artikel yang baik juga harus di dukung dengan keahlian dan pengolahan kata yang baik, jadi anda biasakan belajar terus membuat artikel atau dengan terus membaca buku karena selain meningkatkan pembendaharaan kosa kata yang banyak anda juga akan mendapat ilmu yang disampaikan dalam buku tersebut.

 
Jadi intinya jika anda ingin membuat sebuah artikel yang baik anda harus memperhatikan Judul, Paragraf pertama, Isi artikel, Paragraf terakhir dan Kosa kata. Jadi saya sarankan agar anda terus belajar dan membaca buku. 
Sekian dari saya mengenai Cara Membuat Artikel Yang Baik Dan Benar Muda-mudahan dapat dipahami dan bermanfa'at

Copyright © 2012 Erick Sumarauw™. All Rights Reserved.