Widget Yang Tidak Perlu di Pasang di Blog

Masih banyak para blogger yang tidak mengerti optimasi pada blognya termasuk penambahan widget yang menurut saya tidak terlalu penting dan hanya akan memberatkan blog, karena tujuan utama para visitor, untuk melihat artikel Blog kita bukan untuk melihat widget yang di pasang di blog kita.
Berikut ini Beberapa Widget Yang Tidak Perlu Di Pasang di Blog

Widget Jam

Untuk apa kita memasang widget jam di blog kita? toh di pojok kanan bawah komputer kita sudah ada jam. 


Widget Kalender

Ini juga tidak perlu di pasang. Kecuali pada sebuah blog instansi sekolahan yang terdapat jadwal kalender sekolahan, kalau kalender semacam ini perlu dipasang.


Widget Musik

Kalau blog sobat isinya tentang musik ini tidak masalah. Tetapi anda pasti menjumpai sebuah blog ketika di buka langsung terdengar alunan lagu yang play secara otomatis dan ketika kita membuka halaman lainnya musik itu akan kembali main dari awal lagi. Ini begitu menjengkelkan benar bukan?


Script Pesan Pembuka dan Penutup

Pernahkah anda menjumpai ketika membuka suatu blog anda menemui pesan "selamat datang di blog kami bla bla bla" dan "masukkan nama anda" juga "terimakasih telah berkunjung di blog kami" dll. Widget ini tidak perlu di pasang karena akan sangat menjengkelkan pengunjung karena harus memasukkan teks setiap membuka halaman blog.


Iklan Popup atau Iklan Melayang

Iklan Popup atau Iklan Melayang yang menutupi artikel yang sedang kita baca akan sangat menggangu pengunjung saat membaca postingan. Pernahkah anda menemuinya? walaupun trik ini sangat efektif untuk meningkatkan klik iklan, tapi menurut saya hal ini sangat mengganggu dan kebanyakan pengunjung yang menemui iklan seperti ini buru-buru mencari tanda [X] close. Maaf bukan bermaksut menyinggung para blogger lain yang memakai cara seperti ini.


Animasi

Memang gambar animasi/gambar gerak bisa menambah tampilan blog kita kelihatan hidup. Tetapi kebanyakan memasang animasi di blog akan menambah berat loading blog kita. Kembali ke poin optimasi SEO agar blog kita loadingnya cepat maka hindari memasang animasi yang kurang di perlukan.


Widget Artikel Terbaru

Widget artikel terbaru sebenarnya juga tidak begitu berguna. Coba bayangkan misalnya di halaman home blog anda di set 10 Post dan pada widget artikel terbaru juga di set 10 artikel terbaru, terus apa fungsinya widget artikel terbaru? karena blogger sudah otomatis kalau ada post terbaru selalu di letakkan di paling atas halaman home. Jadi widget ini kurang berguna.


Animasi kursor

Saya sering liat blog yang menurut Saya "Alay", karena mereka mengganti gambar kursornya dengan gambar animasi atau sejenisnya. Tidak terlalu penting menurut Saya dan belum tentu pengunjung suka dengan hal tersebut.


Translate

Banyak sekali blog yang saya kunjungi memakai widget translate, yah kalo blognya bahasa Inggris sih tidak masalah, karena mungkin saja pengunjungnya dari warga Indonesia. Tapi kalo blog bahasa Indonesia kurang perlu. Karena pengunjungnya juga orang Indonesia, dan kebanyakan juga kan blog Indonesia itu bahasanya kalo di translate ke Inggris pake google translate belum tentu benar.

Video Youtube di sidebar

Kalau Kita pasang video youtube di sidebar, hal ini bisa buat blog Kita sangatlah berat. Kalau beratkan pengunjung bisa kabur, trus kalau Kita pasang belum tentu pengunjung mau liat. Mending liat langsung di youtube

Semoga Bermanfaat ...

Copyright © 2012 Erick Sumarauw™. All Rights Reserved.